09 August 2010

Tanjung Bira Surga Pariwisata

Foto: Ahmad Yani Hasti
Salah satu tempat yang biasa dicari orang untuk melepas penat atau refreshing adalah pantai. Kalau di Indonesia sendiri, saya pikir tidak ada pantai yang melebihi popularitas pantai yang ada di Pulau Bali. Mulai dari Sanur, Kuta, Legian, Nusa Dua dll. Ya, kita semua tahu Bali bukan hanya terkenal di dalam negeri, tapi sampai ke Mancanegara.

Tak heran, Bali tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, lokal maupun asing. Tapi tahukah Anda, ada sebuah pantai yang keindahannya tak kalah dengan pantai yang ada di Bali? Namanya Pantai Tanjung Bira, terletak di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Bahkan ada yang bilang, pantai ini jauh lebih indah daripada semua pantai yang ada di Bali.

Kata orang-orang yang pernah 
berkunjung ke sana, Pantai Tanjung Bira keindahannya bagai surga. Pantai ini terletak di bawah tebing. Dari atas daratan Anda tidak bisa langsung melihatnya. Ketika Anda menuruni tangga batu dan mendengar suara hempasan ombak, barulah Anda akan sadar, kalau Anda sedang berada di sekitar pantai. Dan ketika Anda sudah berdiri di sana, menikmati hembusan angin laut, memandang ombak yang bergulung-gulung menerjang karang di tepi pantai, Anda akan terkesima dengan sajian keindahan yang ada di hadapan Anda (Trust me! Saya ngga bohong).


Pasirnya menghampar putih, halus dan lembut bagaikan salju (ada yang bilang seperti tepung terigu). Airnya biru dan sangat jernih, sehingga Anda bisa melihat ikan-ikan kecil berenang, Patrick (bintang laut), dan bulu babi—yang jika Anda tidak hati-hati bisa saja tertusuk. Squidward dan Mr. Crab juga kadang muncul sekali-kali. Kalau hari sedang cerah, Anda bisa menikmati keindahan plus-plus. Gumpalan awan yang berarak di atas langit, memberikan warna kontras dengan hamparan pasir putih dan air laut yang biru jernih. Selain itu, Pantai Tanjung Bira sangat bersih. Tak ada sampah berserakan, meski di pinggirannya banyak pedagang makanan. Para pedagang sadar betul akan pentingnya kebersihan.  

Pemandangan indah lainnya yang bisa Anda saksikan di pantai ini adalah: sekumpulan ‘bikini’ yang berbaring di bawah terik matahari di pinggir pantai. Jika sedang ‘mujur’, Anda juga bisa menyaksikan bule perempuan ganti baju di pantai tanpa perlindungan.

Tapi, ini sangat jarang terjadi. Turis asing biasanya memilih berjemur saat pantai sedang tidak terlalu ramai, alias bukan hari Minggu. Turis yang sadar betul akan budaya kesopanan di Indonesia biasanya lebih memilih berendam di dalam air. Ketika naik ke pantai, mereka menutupi tubuh dengan sarung pantai. Tapi yang cuek-cuek saja bahkan berlari-lari di tepi pantai dengan hanya berbikini. Ada juga turis yang berenang seperti ikan lumba-lumba. (Ada teman saya yang lebih suka menikmati pemandangan seperti ini ketimbang menikmati keindahan pantainya).

Foto: Ahmad Yani Hasti

Beberapa hari yang lalu, saya dan teman-teman berkunjung ke sana. Kami menempati penginapan di atas tebing, yang terasnya menghadap langsung ke laut. Dari atas, kami bisa menikmati pemandangan laut yang indah. Ada sebuah tangga jika kami ingin ke bawah dan berenang. Laut yang berada di bawah seolah kolam renang. Tidak terlalu dalam dan sangat jernih. Hanya saja, ombaknya lumayan ganas. Bagi yang tidak bisa berenang mesti hati-hati jika tak ingin terseret ke tengah laut atau terhempas ke dinding batu di tepi.


Sayang sekali, nama pantai ini mungkin belum terlalu akrab di telinga orang-orang di luar Sulawesi Selatan. Kalau iya, saya yakin wisatawan-wisatawan penikmat keindahan laut akan memilih berkunjung ke sini ketimbang Bali. Oya, dari Pantai Tanjung Bira Anda bisa menyewa perahu dan menyeberang ke Pulau Kambing, sebuah pulau kecil yang jaraknya hanya beberapa ratus meter dari pantai ini. Pulau Kambing juga terkenal dengan keindahannya. Di sana Anda bisa diving dan bersnorkeling ria. Saya tidak tahu kenapa pulau ini diberi nama mirip dengan nama hewan bertanduk dan bau itu. Mungkin di sana banyak kambing, entahlah. Saya berharap, tulisan ini membuat    Anda tertarik untuk berkunjung. Bagi yang mengaku pencinta pantai, saya tidak percaya sebelum Anda berkunjung ke Tanjung Bira. Hehehe.

 
Share:

1 komentar:

Iskandar Dorman said...

SUbhanallah.... Pantainya Indah Sekali.... aboutiskandar.blogspot.com